Minggu, 08 Mei 2011

MEDIA TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN



1.    Identifikasi nilai-nilai edukatif dari :
a.       Media foto pembelajaran adalah media yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa khususnya meningkatkan daya ingat mahasiswa dengan melalui foto
b.      Media pembelajaran adalah bahan, alat atau teknik yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan maksud agar proses interaksi komunikasi edukasi antara guru dan siswa dapat berlangsung secara tepat guna dan berdayaguna.
c.       Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran agar dapat merangsang pikiran, perasaan, minat dan perhatian siswa sehingga proses interaksi komunikasi edukasi antara guru (atau pembuat media) dan siswa dapat berlangsung secara tepat guna dan berdayaguna.
2.      Jelaskan kelebihan dan kekurangan dari
a.       Media foto
·         Kekurangan media foto adalah apabila tidak ada penjelasan mengenai foto tersebut si penerima media tidak akan memahami lebih jelas tentang foto tersebut
·         Kelebihan media foto adalah mahasiswa akan lebih tertarik terhadap suatu pembelajaran apabila terdapat media foto dalam mata pelajaran tersebut.
b.      Media vidio
·         Kekurangan media vidio adalah membutuhkan alat yang banyak dan biaya yang banyak,apabila ada yang kurang mengetahui tentang pemakaian media vidio akan lebih sulit untuk mengaplikasikanya,membutuhkan waktu untuk belajar mengoprasikan vidio
·         Kelebihan media vidio adalah lebih menarik karena dapat melihat gambar dan suara dapat diperdengarkan, dapat lebih mudah menyerap pelajaran dan tidak perlu repot menerangkan
3.      Jelaskan teknik penyusunan buku ajar yang anda kenali, jelaskan langkah-langkah dan lampirkan hasilnya (maksimal di hari ujian/ semesteran).
a.       Memahami standar isi dan standar kompetensi lulusan, silabus, program semestera, dan rencana pelaksanaan pembelajaran
b.      Mengidentifikasi jenis materi pembelajaran berdasarkan pemahaman terhadap poin
c.       Melakukan pemetaan materi
d.      Menetapkan bentuk penyajian
e.       Menyusun struktur (kerangka)penyajian
f.       Membaca buku sumber
g.      Mendraf(memburam)bahan ajar
h.      Mengujicobakan bahan ajar
i.        Mengrevisi dan menulis akhir (finalisasi)
4.      Jelaskan konsep teknologi pembelajaran dan kemanfaatan TP bidang sesuai sub bidangnya dalam praksisi pembelajaran khususnya kebidanan.
Konsep teknologi pembelajaran adalah Dalam pengertian yang lebih umum (teknologi pembelajaran) berarti media yang lahir sebagai akibat revolusi komunikasi yang dapat digunakan untuk keperluan pembelajaran disamping guru, buku teks dan papan tulis.
Berdasarkan perkembangan teknologi tersebut, media pengajaran dikelompokkan ke dalam empat bagian, yaitu:
1.       Media Hasil Teknologi Cetak
Teknologi cetak adalah cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi, seperti buku dan materi visual statis terutama melalui proses  pencetakan mekanis atau fotografis. Kelompok  media hasil teknologi cetak meliputi teks, grafik, foto atau representasi fotografik dan reproduksi. Materi cetak dan visual  merupakan dasar pengembangan dan penggunaan materi dan pengajaran lainnya. Teknologi ini menghasilkan materi dalam bentuk salinan tercetak.
2.       Media Hasil Teknologi Audio-Visual
Teknologi audio-visual adalah cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan mesin-mesin mekanis dan elektronik untuk menyajikan pesan-pesan audio dan visual. Penyajian melalui audio-visual bercirikan pemakaian perangkat keras selama proses belajar, seperti mesin proyktor film, tape recorder, dan proyektor visual.
3.       Media Hasil Teknologi Berbasis Komputer
Teknologi berbasis komputer merupakan cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber-sumber yang berbasis mikroprosesor. Perbedaan antara media yang dihasilkan oleh teknologi berbasis koputer dengan dua teknologi lainnya adalah karena informasi/materi disimpan dalam bentuk digital, bukan dalam bentuk cetakan atau visual. Berbagai jenis aplikasi  teknologi berbasis komputer dalam pengajaran umumnya  dikenal sebagai Computer Assisted Instruction (pengajaran berbantuan komputer). Aplikasi tersebut meliputi drills dan practice (latihan untuk membantu siswa menguasai materi yang telah dipelajari sebelumnya), tutorial (penyajian materi pelajaran secara bertahap), permainan dan simulasi (latihan mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang baru dipelajari).
4.      Media Hasil Gabungan Teknologi Cetak dan Komputer
Teknologi hasil gabungan adalah cara untuk menghasilkan dan menyampaikan materi yang menggabungkan pemakaian beberapa bentuk media yang dikendalikan komputer.
Media pembelajaran yang akan dibuat dalam tulisan ini adalah media pembelajaran berbasis komputer.
Media pembelajaran itu sendiri dibagi menjadi:
a.       MEDIA SUARA/AUDIO(RADIO)
Identik dengan media radio yang memang pendengaranya saja tanpa da visualisai atau teks.
b.      MEDIA TULISAN /TEKS (KORAN,MAJALAH)
Media yang mengandalkann tulisan atau teks biasanya identik dengan koran, majalah,tabloid dan lain sebagainya yangberasal dari proses pencarian berita, pengumpulan berita, pengolahan berita(editing)percetakan dan sampai pada proses distribusi kepada khalayak
c.       MEDIA GAMBAR/ FOTO
Tegolong media yang sering digunakan untuk lebih memperjelas atau mengabdikan sebuah peristiwa dan kejadian. Bahkan sebuah berita terasa kurang jika dilengkapi gambar atau foto.
d.      MEDIA AUDIO VISUAL/ VIDIO (TELEVISI)
Merupakan media yang sekarang sedang digemari oleh khalayak. Dengan tayangan yang begitu jelas, khalayak bisa melihatnya atau memantaunya berjam-jam. Acara dalam televisipun biasanya dikemas semenarik mungkin sehingga khalayak dari semua kalangan baik anak-anak maupun semua menggemari
e.       MEDIA ONLINE adalah gabungan dari audio,visual, gambar, dan tulisan, dengan media ini berita langsung dapat di terbitkan serta setelah diposting secara otomatis bisa langsung terbit tanpa harus di cetak serta banyak pilihan
5.      Jelaskan pula kemanfaatan telematika bagi seorang dosen atau pengajar dan kendala-kendala yang dihadapi
a.       Maanfaat teknologi telematika bagi dosen adalah membantu mempermudah tugas dosen  untuk menyampaikan materi kepada siswanya.
b.      Kendala-kendala yang dihadapi dosen tentang teknologi telematika adalah bila dosen tersebut tidak menguasai teknologi tersebut maka akan kesulitan untuk mengoprasionalkan  alat tersebut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar